052 - 8765 4321
info@borneotransforma.com

Pengembangan Industri Butuh SDM Berdaya Saing Tinggi

Posted by : Admin On: 31 Desember 2014
Pengembangan Industri Butuh SDM Berdaya Saing Tinggi

Salah satu tantangan dalam pengembangan industri adalah keterbatasan  sumber daya manusia yang memiliki keahlian dalam menciptakan produk yang berdaya saing tinggi. Sehingga pelaku industri harus bisa dengan cepat dan tepat mengatasi kendala tersebut. Hal tersebut disampaikan Wakil Menteri Perindustrian Alex SW Retraubun ketika mengunjungi  pabrik PT Denso Indonesia di Kawasan Industri MM2100, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Rabu,19 Juni 2013. Dalam kunjungan tersebut, Wamenperin didampingi Presdir PT Denso Indonesia Mr. Yamanouchi, Presdir Denso Sales Indonesia Mr. Kitagawa, dan Direktur Produksi A. Hartoyo.

Wamenperin juga mengapresiasi upaya PT Denso Indonesia dalam mengatasi kendala sumber daya manusia tersebut. “PT Denso mampu mengembangkan kreativitas dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) di lingkungan pabriknya. Peningkatan kualitas sumber daya  manusia ini akan menghasilkan produk berdaya saing tinggi, baik di pasar dalam negeri maupun internasional,” ujarnya.

Peningkatan kualitas SDM ini dilakukan dengan menambah program-program kepelatihan kepada seluruh karyawan yang ada.Dengan adanya program pelatihan karyawan di dalam training center seperti yang dimiliki PT Denso maka perusahaan akan menghasilkan SDM kompeten yang sesuai dengan kebutuhan industri dan berdampak terhadap peningkatan produktivitas tenaga kerja di Indonesia.“Produk-produk yang dihasilkan PT Denso memiliki spesifikasi tinggi dan membutuhkan sumber daya manusia yang juga spesifik. Maka dari itu mereka memiliki fasilitas khusus untuk menciptakan SDM yang khusus dan sesuai dengan kebutuhannya,” katanya.

Selain itu, Wamenperin juga menilai cara merekrut sumber daya manusia yang dilakukan PT Denso ini cukup bagus.”Mereka mencari lulusan-lulusan terbaik dari SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dari berbagai daerah di Indonesia, lalu dilatih di training center ini. Pada bulan Juli 2013, karyawan PT Denso akan ikut serta dalam World Skill Competition (WSC) yang akan diadakan di Leipzig, Jerman,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Produksi A. Hartoyo mengatakan, industri yang berdaya saing tinggi di pasar dalam negeri dan internasional harus mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. “Ada semacam moto di perusahaan kami yaitu ciptakan dulu sumber daya manusia berkualitas, barulah akan mendapatkan produk yang bernilai tinggi di pasar,” jelasnya.Selain itu, dia menambahkan, PT Denso juga memberikan kesempatan bagi tenaga kerja yang memiliki kekurangan fisik atau penyandang disabilitas namun sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Pekerjaan mereka disesuaikan dengan jenis derajat kecacatan, pendidikan, dan kemampuannya.“Kami juga menciptakan kursi roda yang di desain khusus supaya penyandang disabilitas mampu beraktivitas dengan baik,” ujarnya.

Sumber: www.kemenperin.go.id